Menu Close

Tips dan Trik Sukses Membuat Resep Nasi Bakar

Anda suka nasi bakar? Anda mungkin terbiasa menikmati sajian nasi ini dengan membelinya di tempat-tempat langganan. Namun, mencoba membuat resep nasi bakar sendiri di rumah akan jauh lebih menyenangkan. Soalnya, Anda bebas memberi isian dan jumlahnya suka-suka! 

Tidak perlu takut membuat resep nasi bakar. Nyatanya, resep nasi ini mudah untuk dibuat. Walaupun memang, Anda perlu kehati-hatian dalam membuatnya supaya matangnya dan rasa gurihnya pas dengan selera Anda. 

Resep nasi bakar ayam dapat disantap sendiri atau menjadi ide jualan.

Jika Anda pernah membuat nasi bakar dan selama ini gagal, Anda tidak boleh takut membuatnya lagi. Coba praktikkan membuat resep nasi bakar dengan menggunakan tips dan trik di bawah ini. Dijamin, nasi bakar yang Anda buat bakalan sukses dan enak!

Gunakan Santan Kental 

Inti dari nasi bakar adalah rasa gurih pada nasi. Mau seenak apapun isiannya, resep nasi bakar buatan Anda akan terasa kurang jika rasa nasihnya hambar. Untuk menghadirkan rasa gurih pada nasi, Anda bisa mencampurkan santan saat memasak nasi. Gunakanlah santan kental agar rasa gurihnya lebih optimal. 

Campur dengan Beras Ketan 

Salah satu sumber kegagalan dalam membuat resep nasi bakar adalah nasi yang susah menempel dan akhirnya gulungannya menjadi berantakan. Supaya Anda tidak mengalami hal ini, cobalah mencampurkan beras ketan saat pembuatan nasi. Jumlahnya tidak perlu banyak-banyak. Anda hanya perlu 100 gram untuk tiap 1 kilogram beras biasa yang Anda tanak. 

Lengkapi dengan Jahe Kunyit 

Pada dasarnya, isian untuk resep nasi bakar rata-rata hanya perlu ditumis dengan bawang putih dan bawang merah. Namun, tentu rasanya kurang lezat jika cuma seperti itu. Anda bisa menambahkan jahe dan kunyit dari porsi kecil untuk membuat tumisan isian nasi bakar semakin kaya rasa. Dijamin, Anda bisa ketagihan mengonsumsi nasi bakar buatan sendiri ketika menambahkan jahe dan kunyit dalam bumbu tumisan isian nasi bakar. 

Panggang Daun Pembungkus 

Sebenarnya, membungkus nasi bakar bisa menggunakan apa saja. Namun, yang terbaik tentu saja menggunakan daun pisang untuk memberikan aroma penggugah selera di resep Anda. Pastikan Anda memakai daun pisang yang tidak terlalu muda atau terlalu tua. Jangan lupa untuk memanggang sebentar daun pembungkus tersebut di atas kompor supaya lentur dan mudah untuk membungkus nasi bakar yang hendak Anda buat. 

Lapisi dengan Aluminium Foil 

Pernah mengalami nasi bakar yang Anda makan matang tidak merata? Kondisi ini umum terjadi. Untuk menyiasatinya, bungkusan nasi yang sudah diberi isi sebaiknya dilapisi lagi dengan aluminium foil setelah dibungkus daun pisang. Ini akan membuat nasi bakar buatan Anda lebih matang merata. 

Kukus Terlebih Dahulu 

Namanya memang nasi bakar. Namun, jangan langsung membakar nasi dengan isinya begitu bungkusan selesai. Ini hanya akan membuat nasi bakar yang Anda buat terlihat berantakan dan tidak rapi. Sebaiknya, Anda mengukus terlebih dahulu bungkusan-bungkusan nasi bakar yang sudah jadi. Mengukus nasi bakar sekitar 25 menit akan membuat bumbu isian lebih menyerap ke nasi, sekaligus tekstur nasi menjadi lebih padat sehingga sajian nasi bakar Anda akan lebih rapi. 

Simpan di Kulkas 

Resep nasi bakar sebenarnya bisa awet untuk 3 hari dari waktu pembuatan. Namun, Anda harus menyimpannya di kulkas untuk hal tersebut. Anda bisa langsung menghangatkannya dengan menaruh di magic com ataupun mengukusnya kembali sekitar 10 menit tiap kali ingin mengonsumsinya. 

Sekarang makin yakin untuk membuat sendiri resep nasi bakar, bukan? Yuk, buat kreasi resep nasi bakar sesuai selera Anda dan keluarga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *