Menu Close

Skrotum: Fungsi dan Anatomi yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi dan Anatomi Skrotum yang Perlu Anda Ketahui

Ketika Anda sedang buang air kecil lalu melihat penis Anda sendiri, dan menyadari terdapat buntalan di bawahnya, itulah yang dinamakan dengan skrotum.

Ini adalah semacam kantung yang berada di depan panggul, dan di antara kaki. Nama lain kantung ini adalah kantung pelir atau kantung buah zakar.

Fungsi skrotum

Kantung pelir ini berisi testikel, dua kelenjar berbentuk oval yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan menyimpan sperma, serta beberapa hormon, seperti hormon testosteron.

Keberadaan kantong ini di luar karena perlu mempertahankan suhu yang sedikit lebih rendah daripada bagian tubuh lainnya.

Selain itu, kantung buah zakar ini mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting. Jaringan skrotum membantu melindungi struktur di dalam testis, tempat sperma dan hormon penting diproduksi.

Selain itu, kantung ini melindungi testis dan pembuluh darah utama, serta saluran yang melepaskan sperma dari testis ke penis untuk ejakulasi.

Bentuk dan struktur skrotum

Mengenai bentuk dan struktur, kantung pelir ini mempunyai lapisan luar yang terbuat dari kulit, dengan warna yang lebih gelap daripada area kulit di sekitarnya.

Di bawah kulit ini adalah otot dartos dan tunika dartos yang membantu mengatur suhu testis dengan berkontraksi untuk mengurangi luas permukaan kantong, dan mengurangi kehilangan panas, atau relaksasi untuk meningkatkan luas permukaan kantung untuk membantu pendinginan.

Otot lain di dalam kantung ini  adalah kremaster, yang terdapat di setiap sisi. Masing-masing otot menutupi testis dan korda spermatika dan mencapai panggul melalui kanalis inguinalis.  

Fungsi otot ini  adalah untuk menaikkan atau menurunkan testis, dan selanjutnya membantu menjaga testis pada suhu yang sesuai.

Otot kremaster juga bertanggung jawab terhadap refleks berupa respon akibat belaian pada paha bagian dalam yang menyebabkan otot berkontraksi dan testis terangkat.

Sedangkan korda spermatika menyediakan suplai darah ke testis, vas deferens, dan otot kremaster.

Korda ini juga mengandung saraf dan pembuluh getah bening yang terhubung ke struktur internal kantung zakar.

Septum dalam kantung membagi kantung menjadi dua bagian, dan pembagian ini merupakan perpanjangan dari raphe perineum, yaitu garis berupa jaringan yang memanjang dari anus, perineum, dan ke atas melalui garis tengah penis.

Varian bentuk skrotum

Skrotum disebut mempunyai beberapa varian bentuk.  Umumnya, variasi ini cukup langka. Mereka adalah:

Kantung aksesori

Ini adalah kantung ekstra yang berkembang, biasanya lebih jauh ke bawah perineum, menuju anus.  Kantung aksesori tidak mengandung testis, dan umumnya tidak menyebabkan masalah dengan kantung primer.

Kantung bifid

Ini merupakan celah di tengah kantung pelir yang terjadi ketika tidak ada cukup testosteron di awal perkembangan untuk penyatuan kantung.  Kemunculan kantung sering terjadi bersamaan dengan hipospadia.

Kantung ektopik

Tempat kantung normal berada di lokasi yang berbeda.

Transposisi penoskrotal

Tempat penis dan kantung terletak menyimpang satu sama lain.  Penis bisa berada di bawah kantung (transposisi lengkap) atau di tengah kantung (transposisi parsial).

Apakah kantung zakar dapat terserang kondisi kesehatan yang buruk?

Kantung zakar ini pada kenyataannya juga dapat terserang berbagai kondisi kesehatan yang buruk yang ditandai oleh gejala-gejala berikut:

  • nyeri ringan atau berat yang berlangsung lama
  • nyeri pangkal paha dengan aktivitas
  • Pembengkakan di area
  • kemerahan, ruam, atau luka
  • Merasa berat di kantong
  • Merasa sakit di area tender
  • Sakit parah di kantung Anda yang terjadi tanpa peringatan
  • Buang air kecil lebih banyak dari biasanya
  • Ada darah dalam urine atau air mani Anda
  • Adanya debit  atau drainase dari penis

Apabila mengalami gejala-gejala di atas segera hubungi dokter.

Itulah mengenai skrotum yang ternyata sangat penting dalam fungsi reproduksi pria karena menyimpan dan menyalurkan sperma. Karena itu, sangat penting menjaga kesehatan kantung ini dari kemungkinan berbagai penyakit atau kelainan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *