Menu Close

Manfaat Dan Kegunaan Xepazym Bagi Penderita Gangguan Pencernaan

Penderita gangguan pencernaan pasti sudah sangat akrab dengan Xepazym. Xepazym merupakan jenis obat umum yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Gangguan pada fungsi pencernaan merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Gangguan pencernaan bisa menyebabkan beberapa gejala seperti perut kembung, gangguan usus, maag hingga gangguan pada fungsi hati. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, Anda tidak perlu langsung ke dokter karena telah banyak tersedia obat-obatan umum yang dijual bebas di berbagai apotek, salah satunya adalah Xepazym.

Xepazym kaplet digunakan untuk mengatasi perut kembung

Informasi Kandungan Obat Xepazym

Dilihat dari komposisinya, Xepazym memiliki kandungan Pancreatin 170 mg dan Simethicone 80 mg yang cukup efektif untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung. Obat ini diproduksi oleh Metiska Farma dalam bentuk kemasan strip @10 kaplet dan termasuk dalam jenis obat bebas.

Manfaat dan Kegunaan Xepazym

Khasiat utama dari penggunaan obat ini adalah untuk membantu meredakan gangguan yang terjadi pada bagian pencernaan. Berikut rincian lengkap mengenai manfaat dan kegunaan Xepazym:

  • Membantu mengatasi perut kembung yang disebabkan oleh gangguan produksi enzim pankreas. Indikasi lainnya seperti gangguan lambung, kelenjar empedu, perut kembung, gangguan hati hingga aerofagia.
  • Mengatasi masalah perut kembung pasca operasi

Cara Mengonsumsi dan Dosis Xepazym

Xepazym merupakan obat yang bisa dibeli dan dikonsumsi tanpa resep dokter. Meskipun demikian, pastikan mengkonsumsi obat ini sesuai dengan aturan dan dosis yang dianjurkan. Berikut aturan minum dan dosis untuk penggunaan Xepazym:

  • Umum/dewasa: 1 sampai 2 kaplet per hari
  • Untuk persiapan rontgen: 3 – 4 kali sehari, 2 kaplet selama 2 hari sebelum pemeriksaan dan 2 kaplet pada pagi hari saat pemeriksaan dalam keadaan perut kosong.
  • Dikonsumsi saat atau sesudah makan tanpa perlu dikunyah 

Efek Samping

Meskipun termasuk obat yang bisa dikonsumsi tanpa resep dokter dan jarang terjadi efek samping, namun dalam beberapa kasus terdapat beberapa efek samping seperti:

  • Sembelit atau frekuensi buang air besar yang berkurang
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Muncul reaksi alergi
  • Iritasi pada daerah sekitar anus atau perianal

Jika mengalami reaksi alergi atau efek samping seperti di atas setelah penggunaan Xepazym, ada baiknya hentikan penggunaan obat terlebih dahulu. Selanjutnya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat agar efek samping obat ini tidak semakin parah.

Perhatian Penggunaan

Xepazym biasa digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Akan tetapi penggunaan obat ini dikontraindikasikan untuk berbagai kondisi tertentu, seperti:

  • Hipersensitif
  • Penderita penyakit pankreas akut
  • Penderita diare atau sembelit

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. Hal ini untuk mencegah terjadinya interaksi dengan obat lain yang justru bisa membahayakan kesehatan Anda.

Perlu diperhatikan bahwa obat ini tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan jenis obat tertentu, salah satunya adalah Acarbose. Jika dikonsumsi secara bersamaan, obat ini akan menimbulkan reaksi yang berbahaya. Jadi meskipun bisa dikonsumsi tanpa anjuran dokter, pastikan penggunaan Xepazym tetap sesuai dengan dosis dan aturan pemakaian yang tertera pada kemasan. Jika masih ragu, tidak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *