Menu Close

Kiranti dan Makanan Yang Perlu Dikonsumsi Saat Haid

kiranti atasi nyeri haid

Banyak orang akan menderita gejala tidak nyaman saat datang bulan atau haid. Produk herbal seperti Kiranti dan beberapa jenis makanan dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri yang dirasakan saat haid. Namun ada pula jenis makanan yang malah akan memperburuk gejala yang dirasakan saat haid, seperti kram perut, sakit kepala, mual, kelelahan, kembung, perubahan suasana hati, dan diare. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, menambahkan beberapa makanan ke dalam diet Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik saat haid. 

Kiranti adalah produk herbal yang sering digunakan untuk mengatasi rasa nyeri saat haid. Kiranti telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI dan efektif memperlancar siklus haid serta mengatasi nyeri haid yang terjadi di bagian bawah perut. Kandungan ekstrak kunyit, asam jawa, kencur, jahe, kayu manis, dan gula jawa yang terkandung di dalamnya menjadi rahasia Kiranti untuk dengan efektif dapat meredakan kontraksi pada dinding rahim saat haid terjadi. Setelah Anda minum Kiranti, tubuh akan menjadi lebih segar serta rasa nyeri yang tadinya diderita akan hilang. Selain mengonsumsi Kiranti, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini, seperti:

  • Air. Minum banyak air merupakan suatu hal yang penting, terutama pada saat Anda datang bulan. Tetap terhidrasi dapat mengurangi kemungkinan menderita sakit kepala dehidrasi, yang mana merupakan gejala umum menstruasi. Minum banyak air juga dapat membantu mengurangi kembung. 
  • Buah-buahan. Buah yang kaya kandungan air, seperti semangka dan timun, merupakan makanan yang baik untuk tetap terhidrasi. Buah yang berasa manis dapat membantu Anda mengatasi “sugar craving” atau ngidam gula tanpa Anda perlu makan banyak gula olahan, yang mana dapat menyebabkan level glukosa Anda naik. 
  • Sayuran daun hijau. Merupakan hal yang lumrah untuk kadar zat besi Anda turun pada saat haid, terutama apabila aliran haid Anda cukup besar. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, nyeri tubuh, dan pusing. Sayuran daun hijau seperti kale dan bayam dapat meningkatkan level zat besi. Bayam juga tinggi kandungan magnesium. 
  • Jahe. Secangkir teh jahe hangat dapat mengatasi beberapa gejala haid. Jahe memiliki efek anti-peradangan yang mana dapat membantu mengatasi nyeri otot. Jahe juga dapat mengatasi mual. Beberapa studi mengonfirmasi hal ini, namun sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa jahe dengan efektif dapat mengurangi mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan. Karena jahe merupakan rempah yang aman dan relatif murah, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menggunakannya saat haid. Namun, jangan mengonsumsi terlalu banyak jahe. Mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe dalam satu hari dapat menyebabkan maag dan sakit perut. 
  • Ikan. Kaya kandungan zat besi, protein, dan asam lemak omega-3, ikan merupakan tambahan nutrisi dalam diet Anda. Mengonsumsi ikan dapat mengatasi kurangnya level zat besi yang bisa Anda derita saat menstruasi. Omega-3 juga dapat mengurangi intensitas nyeri haid. Hal ini selaras dengan apa yang ditemukan oleh sebuah studi tahun 2012, di mana peserta yang mengonsumsi suplemen omega 3 menemukan bahwa nyeri haid yang dirasakan berkurang dan mereka berhasil mengurangi konsumsi ibuprofen.  

Kiranti dapat dikonsumsi bersama dengan beberapa makanan dan minuman tersebut di atas untuk mengurangi nyeri saat haid. Kiranti juga berfungsi untuk melancarkan siklus haid, mengurangi nyeri menjelang dan selama haid, mengurangi bau yang tidak di tubuh, mengurangi rasa gatal yang dirasakan di daerah kewanitaan, dan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *