Menu Close

Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Batuk Kering serta Mengatasinya dengan Vicks Formula 44

Batuk kering merupakan suatu kondisi yang sering dialami setiap orang. Walaupun begitu, batuk kering kerap kali terasa mengganggu karena menimbulkan rasa gatal ditenggorokan yang memaksa penderitanya untuk terus batuk. Agar tidak terlalu lama diganggu oleh batuk, Anda harus segera mengatasinya. Salah satu cara ampuh untuk mengusir batuk kering adalah dengan mengonsumsi Vicks Formula 44.

Sebelum membahas cara mengatasi batuk kering lebih lanjut, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab dari kondisi yang membuat tidak nyaman ini.

Penyebab Batuk Kering

Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan dahak dan umumnya tidak berbahaya. Biasanya batuk kering disebabkan oleh virus.

Walaupun tidak berdahak, batuk kering juga sering mengganggu aktivitas karena dapat berlangsung selama beberapa minggu, disertai pilek dan flu, serta rasa gatal pada tenggorokan.

Saat cuaca lebih dingin dari biasanya, seseorang juga lebih rentan terserang batuk kering. Pasalnya, menghirup udara kering bisa memicu tenggorokan menjadi iritasi dan membuat batuk kering sembuh lebih lama.

Selain virus dan cuaca dingin, batuk kering juga disebabkan oleh beberapa kondisi lainnya, seperti:

  • Asma

Asma merupakan penyakit yang membuat jalur pernapasan menjadi radang dan menyempit. Saat mengalami asma, saluran udara di dalam tubuh akan mengembang dan mengempis. Hal ini akan memicu terjadinya batuk kering yang disertai sesak napas.

  • Alergi

Alergi terjadi ketika tubuh mengidentifikasi sesuatu yang tidak berbahaya sebagai serangan asing dan membuat tubuh bereaksi berlebihan.

Beberapa jenis alergen seperti asap, serbuk sari, debu, hingga bulu binatang peliharaan dapat memicu batuk kering. 

  • GERD

GERD atau asam lambung bukan penyakit pada saluran pernapasan. Namun, kondisi ini dapat menjadi penyebab batuk kering yang berkelanjutan. Hal ini terjadi karena refluks asam lambung dapat mengiritasi kerongkongan yang kemudian membuat penderitanya menjadi batuk.

  • Batuk rajan

Batuk rejan atau pertusis disebabkan oleh infeksi bakteri Bordetella pertussis. Bakteri tersebut menempel pada saluran pernapasan bagian atas dan melepaskan racun, sehingga menyebabkan pembengkakkan dan batuk.

Salah satu gejala khas dari kondisi ini adalah batuk kering disertai dengan suara seperti siulan saat penderitanya menghirup napas.

Mencegah dan Mengatasi Batuk Kering

Walaupun sulit untuk dihindari, ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya batuk kering, diantaranya:

  • Hindari merokok
  • Minum air putih yang cukup
  • Jaga kelembaban udara ruangan
  • Hindari kontak dengan sumber alergi

Jika sudah mengalami batuk kering, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi Vicks Formula 44. Obat sirup ini berkhasiat untuk meredakan batuk tidak berdahak, bersin karena alergi, mengurangi frekuensi keinginan untuk batuk, dan mengobati tenggorokan perih. Selain itu, Vicks Formula 44 juga memberikan rasa hangat pada tenggorokan sehingga membuat napas terasa lebih ringan.

Formula dan kandungan dari obat ini diantaranya adalah dekstrometorfan hidrobromida, doksilamin sukinat, dan alkohol 10%.

Aturan Pakai Vicks Formula 44

Obat ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan dosis berikut:

  • Orang dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun: 2 sendok takar/4 jam (maksimal dikonsumsi 6 kali/hari)
  • Anak-anak 6 hingga 12 tahun: 1 sendok takar/4 jam (maksimal dikonsumsi 6 kali/hari)

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Vicks Formula 44 memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan, diantaranya:

  • Pusing dan gelisah
  • Menimbulkan rasa kantuk
  • Mual, muntah, dan sembelit

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah:

  • Obat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak dibawah 2 tahun.
  • Pastikan Anda tidak berkendara atau melakukan perjalanan jauh setelah mengonsumsinya.
  • Vicks Formula 44 dapat menyebabkan gangguan pada susunan saraf pusat karena penggunaan dalam jangka panjang atau dosis yang besar.

Anda bisa menyimpan Vicks Formula 44 pada tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari panas sinar matahari langsung untuk menjaga kualitasnya tetap baik untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *