Menu Close

Inilah Pertanda Hamil Muda yang Perlu Diketahui

Inilah Pertanda Hamil Muda yang Perlu Diketahui

Hamil muda bisa diketahui dengan menggunakan metode tes seperti tes kehamilan dan cek menggunakan alat ultrasound. Akan tetapi, ada juga pertanda hamil muda yang lain yang patut Anda waspadai. 

Meskipun mungkin terlihat aneh, minggu pertama kehamilan justru dihitung berdasarkan tanggal terakhir menstruasi Anda. Periode menstruasi terakhir Anda akan dianggap sebagai minggu pertama kehamilan, meski jika Anda belum benar-benar hamil.

Gejala atau Pertanda Hamil

Berikut beberapa tanda gejala hamil muda yang perlu Anda ketahui.

1. Timbul Kram dan Bercak Selama Awal Kehamilan

Dari minggu pertama hingga keempat, semua proses masih terjadi di tingkat seluler. Sel telur yang telah dibuahi akan menciptakan sekelompok sel yang sering disebut sebagai blastokista yang nantinya akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh bayi.

Jika sudah terjadi pembuahan selama 10 sampai 14 hari, maka blastokista akan mulai tertanam di endometrium atau lapisan rahim. Hal tersebut akan memicu pendarahan karena terjadi implantasi. Tak jarang, banyak wanita yang menganggap pendarahan implantasi tersebut sebagai periode menstruasi yang ringan. 

2. Terlambat Haid di Awal Kehamilan

Setelah selesai implantasi, maka tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin atau hCG. Hormon ini berguna untuk membantu tubuh mempertahankan kehamilannya. Adanya hormon hCG ini juga akan memberi informasi pada tubuh untuk menghentikan melepas sel telur yang matang setiap bulan.

Tak hanya itu, Anda mungkin juga akan melewatkan periode menstruasi berikutnya usai pembuahan. Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, maka sebaiknya segera melakukan tes kehamilan untuk memastikannya.

Anda bisa melakukan tes kehamilan sendiri di rumah yang menggunakan alat yang dapat mendeteksi hCG setelah periode menstruasi terlewat. Tes kehamilan ini juga dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin dan menunjukkan apakah Anda positif hamil atau tidak.

3. Meningkatnya Suhu Tubuh Saat Hamil Muda

Suhu tubuh basal yang menjadi lebih tinggi  bisa menjadi suatu pertanda awal kehamilan atau hamil muda. Suhu inti tubuh Anda bisa meningkat lebih mudah selama berolahraga atau sedang dalam cuaca panas.

4. Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Lelah bisa menjadi suatu pertanda bahwa Anda sedang hamil muda. Hal ini karena tingkat hormon progesteron tubuh melonjak yang membuat Anda jadi mudah merasa mengantuk.

5. Meningkatnya Denyut Jantung

Selama minggu ke 8 dan 10, jantung akan memompa lebih cepat dan keras. Oleh karena itu tidak mengherankan jika palpitasi dan aritmia sering terjadi saat awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena hormon.

6. Payudara Tumbuh, Lalu Terasa Sakit dan Kesemutan

Perubahan pada payudara juga bisa terjadi antara minggu ke-4 dan ke-6 selama kehamilan. Anda mungkin mengalami payudara Anda menjadi lunak dan bengkak karena terjadi perubahan hormon. Hal ini kemungkinan akan hilang setelah beberapa minggu, saat tubuh Anda sudah menyesuaikan diri dengan hormon.

Tak hanya itu, perubahan puting dan payudara juga bisa terjadi sekitar minggu ke-11 dari kehamilan. Hormon terus akan menyebabkan payudara Anda menjadi tumbuh. Areola atau area yang berada di sekitar puting susu dapat berubah menjadi berwarna lebih gelap dan tumbuh lebih besar.

7. Sering Buang Air Kecil

Gejala kehamilan yaitu Anda bisa jadi buang air kecil lebih sering daripada biasanya. Hal ini karena jumlah darah dalam tubuh meningkat selama kehamilan, yang dapat menyebabkan ginjal Anda harus memproses ekstra cairan yang berakhir di kandung kemih Anda.

8. Mual dan atau Tanpa Muntah

Mual atau morning sickness biasa menjadi tanda hamil muda. Hal tersebut bisa menyerang kapan saja, entah siang atau malam. Pada umumnya terjadi dimulai satu bulan setelah Anda hamil. Akan tetapi, beberapa wanita justru merasakan mual lebih awal dan ada juga yang tidak pernah mengalaminya. Sementara penyebab mual selama kehamilan sendiri masih tidak jelas, kemungkinan hormon kehamilan juga bisa berperan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *