Menu Close

Dosis Pemakaian Simvastatin Kimia Farma

Simvastatin Kimia Farma merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida dalam darah serta meningkatkan kadar kolestelor baik (HDL). Selain itu, Simvastatin Kimia Farma juga membantu menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan komplikasi jantung pada penderita diabetes atau penyakit jantung koroner. Simvastatin Kimia Farma bekerja dengan cara menghambat enzim reductase HMG-CoA yang berperan dalam pembentukan kolesterol. Obat ini juga membantu mengurangi ketidakseimbangan lipid yang bisa berujung pada komplikasi. Agar penggunaan Simvastatin Kimia Farma lebih efektif, pasien harus menjalani diet sehat untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol dan menjalani pola hidup sehat seperti olahraga dan menghentikan kebiasaan merokok sebelum dan selama terapi obat.

Dosis Pemakaian Simvastatin Kimia Farma

Simvastatin Kimia Farma termasuk ke dalam golongan obat keras. Oleh karena itu, penggunaan obat ini harus dengan anjuran dan resep dokter. Penggunaannya berbeda untuk setiap indikasi, beberapa di antaranya yaitu:

Hiperlipidemia

Hiperlipidemia merupakan istilah medis untuk kondisi kolesterol tinggi yang ditandai dengan tingginya kadar trigliserida. Kondisi ini terkadang tidak menimbulkan gejala pasti. Hiperlipidemia disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti asupan makanan yang sembarangan, merokok, kebiasaan minum alkohol, konsumsi obat-obatan tertentu, atau karena faktor keturunan.

Dosis awal Simvastatin Kimia Farma untuk hiperlipidemia yaitu 10–20 mg diberikan sekali sehari pada malam hari. Dosis dapat disesuaikan setelah pemberian obat minimal selama 4 minggu. Dosis maksimal yang bisa diberikan yaitu 80 mg per hari

Hiperkolesterolemia familial heterozigot (HeFH)

Hiperkolesterolemia familial heterozigot merupakan kelainan metabolic lemak yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol dan LDL dalam darah. Seseorang yang mengalami kondisi ini memiliki kadar kolesterol tinggi sejak lahir dan bisa menimbulkan aterosklerosis sejak usia dini. sehingga, meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung coroner pada usia muda.

Dosis awal bagi pasien dewasa yaitu 10 – 20 mg diberikan sekali sehari pada malam hari. Dosis maksimal 40 mg setiap malam. Sedangkan dosis pasien anak usia 10–17 tahun, dosis awal 10 mg diberikan sekali sehari pada malam hari.

Mengurangi risiko penyakit jantung

  • Pasien dengan risiko tinggi atau penderita penyakit kardiovaskular aterosklerotik atau diabetes melitus, dosis yang diberikan yaitu 20–40 mg diberikan sekali sehari pada malam hari. Dosis dapat ditingkatkan dengan jarak waktu minimal 4 minggu. Dosis maksimal yaitu 80 mg per hari
  • Pasien dengan risiko sedang, dosis yang diberikan yaitu 10 mg diberikan sekali sehari
  • Pasien yang mengonsumsi fibrat (kecuali fenofibrate), dosis maksimal yang diberikan yaitu 10 mg per hari
  • Pasien yang menggunakan amiodarone, amlodipine, ranolazine, verapamil, diltiazem, elbasvir, grazoprevir, dosis maksimal yang diberikan yaitu 20 mg per hari
  • Pasien yang menggunakan lomitapide, dosis maksimal yang dapat diberikan yaitu 40 mg per hari

Sediaan Obat Simvastatin Kimia Farma

Simvastatin Kimia Farma tersedia dalam beberapa kemasan, antara lain yaitu:

  • Simvastatin Kimia Farma Tablet 10 mg

Simvastatin Kimia Farma 10 mg tersedia dalam kemasan dus berisi 5 strip, dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet. Harga per strip Simvastatin mulai dari Rp 6.000 – Rp 10.000 dan bisa berbeda di tiap apotek.

  • Simvastatin Kimia Farma Tablet 20 mg

Simvastatin Kimia Farma 20 mg tersedia dalam kemasan dus berisi 5 strip, dengan masing-masing strip memiliki isi 10 tablet. Harga per strip Simvastatin mulai dari Rp 9.000 – Rp 15.000 dan bisa berbeda di tiap apotek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *