Menu Close

Tips Membawa Cooler Bag ASI Saat Traveling

Tips Membawa Cooler Bag ASI Saat Traveling

Bepergian sambil menyusui atau memompa ASI bisa tampak seperti tugas yang berat, terutama bagi Anda para ibu pemula yang belum pernah melakukannya sebelumnya. Apalagi, jika Anda pergi menggunakan mobil, bus atau kereta yang bersamaan dengan banyak orang. Salah satu solusi untuk memberikan minum bayi adalah menggunakan cooler bag ASI. Akan tetapi, bagaimana cara menyimpan ASI yang tepat supaya tidak mudah basi di dalam cooler bag? Berikut tipsnya.

Bawa cooler Bag ASI saat traveling

1. Simpan pada suhu yang tepat

Jangan simpan cooler bag di bawah sinar matahari atau di ruangan yang lebih hangat dari 77┬║fahrenheit. ASI dapat disimpan pada suhu kamar hingga empat jam sebelum perlu disimpan di lemari es. Akan tetapi jika perjalanan Anda lebih lama dari itu sebaiknya gunakan kantong es yang benar-benar beku untuk menjaga susu tetap dingin hingga 24 jam. Kantong es di dalam cooler ASI sebaiknya tidak lebih dari tiga perempat penuh untuk menyisakan ruang ekspansi. Hal yang sama berlaku jika Anda menggunakan botol. 

2. Berikan label pada ASI

Sebelum menyimpannya di dalam tas penyimpanan ASI, pastikan untuk memberi label pada setiap botol atau kantong ASI dengan tanggal dan gunakan ASI yang berusia hari lebih lama terlebih dahulu. Cairkan ASI dengan memasukkannya ke dalam mangkuk berisi air hangat atau dengan memindahkannya ke lemari es bagian bawah selama 24 jam.

3. Perhatikan jam memerah ASI

Bagi Anda yang akan menempuh perjalanan tidak lebih dari 3-4 jam, ASI bisa diperah sebelum berangkat. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan waktu lebih dari 4 jam, sebaiknya perah ASI pada sela-sela istirahat perjalanan, kemudian menyimpannya di dalam cooler bag.

4. Pastikan ASI benar-benar beku

Jika ingin memompa saat bepergian, Anda memerlukan tempat untuk menyimpan susu dengan aman. Pastikan botol maupun kantong yang sudah terisi ASI benar-benar beku dan dingin sebelum menyimpannya di dalam cooler bag ASI. Pastikan untuk membawa kantong es yang benar-benar beku agar tetap dingin selama perjalanan Anda.

5. Perhatikan penyimpanan ASI sebelum masuk ke dalam cooler bag

Saat membekukan ASI, sisakan sekitar satu inci ruang di bagian atas wadah karena ASI mengembang saat membeku. Selanjutnya, beri label yang jelas pada wadah dengan nama anak dan tanggal penyimpanan. ASI dapat disimpan di dalam cooler bag berinsulasi dengan ice pack beku hingga 24 jam saat Anda bepergian. Begitu Anda tiba di tempat tujuan, susu harus segera digunakan, disimpan di lemari es, atau dibekukan.

Cara mencairkan ASI beku dengan aman selama berada di dalam perjalanan adalah dengan memegang kantong beku di bawah aliran air hangat yang mengalir sampai susu mencair dan mencapai suhu kamar. Atau, taruh dalam mangkuk berisi air hangat dan aduk perlahan sampai mencair, tuangkan air hangat secara berkala saat mendingin. Hati-hati jangan sampai memanaskan susu di atas suhu tubuh.

ASI juga bisa dicairkan di dalam cooler bag dengan kantong es. Setelah dicairkan, segera gunakan! Pencairan harus memakan waktu antara 4 dan 8 jam di lingkungan ini; periksa secara berkala. Jangan cairkan ASI pada suhu kamar karena dapat merusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *