Menu Close

Cara Sembuhkan Batuk, Salah Satunya dengan Halmezin Sirup

halmezin sirup

Batuk pada anak bisa Anda sembuhkan menggunakan obatan medis seperti Halmezin sirup maupun pengobatan rumahan. Obat herbal dikatakan lebih baik dan aman diterapkan untuk bayi, karena tidak memiliki efek samping terlalu jauh. Lantas, apa saja jenis pengobatan herbal dan medis yang aman untuk anak-anak dan bisa Anda coba? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Madu

Bagi orang dewasa dan anak-anak usia 1 tahun ke atas, madu dapat digunakan untuk mengobati batuk kering pada siang dan malam hari. Madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan, mengurangi iritasi. Satu studi pada tahun 2007 menemukan bahwa madu lebih berhasil daripada dekstrometorfan, bahan penekan batuk, untuk mengurangi serangan batuk malam hari pada anak-anak. 

Anda dapat mencoba mengambil madu dengan sendok teh beberapa kali sehari, atau menambahkannya ke teh atau air hangat untuk diminum. Akan tetapi, jangan pernah memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun.

2. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kunyit mungkin juga bermanfaat untuk beberapa kondisi, termasuk batuk kering. Curcumin paling baik diserap ke dalam aliran darah ketika dikonsumsi dengan lada hitam. 

Anda bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti jus jeruk dingin, untuk diminum. Anda juga bisa membuatnya menjadi teh hangat. Kunyit telah digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan bagian atas, bronkitis, dan asma dalam pengobatan selama berabad-abad. Anda bisa mendapatkan kunyit dalam bentuk bumbu, serta kapsul.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Jahe juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Jahe dapat ditemukan di banyak teh sebagai bahan. 

Anda juga bisa membuat teh jahe dari akar jahe dengan merendam akar yang sudah dikupas atau dipotong dalam air hangat. Menambahkan madu dapat membuatnya lebih bermanfaat untuk batuk kering. Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk kapsul, atau mengunyah akar jahe untuk meredakan batuk kering.

4. Peppermint

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mematikan ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Peppermint dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi keinginan untuk batuk. Peppermint juga membantu mengurangi kemacetan, plus, telah ditemukan memiliki kualitas antibakteri dan antivirus.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi peppermint. Ini termasuk minum teh peppermint atau menghisap pelega tenggorokan peppermint. Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meringankan batuk di malam hari. Anda juga dapat menggunakan minyak esensial peppermint sebagai perawatan aromaterapi.

5. Masala chai 

Masala chai sangat populer di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Di India, chai digunakan untuk mengobati kondisi seperti sakit tenggorokan dan batuk kering. Masala chai mengandung beberapa bahan antioksidan, termasuk cengkeh dan kapulaga. Cengkih juga efektif sebagai ekspektoran. Masala chai juga mengandung kayu manis, yang memiliki sifat anti-inflamasi.

6. Obat Halmezin sirup

Halmezin sirup mampu mengatasi batuk dan melegakan pernapasan. Selain itu, obat ini juga efektif memperkuat sistem daya tahan tubuh yang menurun, batuk, bersin, pilek, serta gatal-gatal pada hidung dan tenggorokan.

Halmezin sirup mengandung dextromethorphan HBr, bromhexine HCl, amonium klorida, dan promethazine HCl. Kombinasi zat aktif tersebut terbukti mampu mengencerkan dahak dan menekan respons batuk. Sehingga, baik batuk kering ataupun batuk berdahak semuanya dapat diatasi.

Anda dapat memberikan Halmezin sirup untuk dewasa dengan takaran 10 ml sebanyak 3-4 kali/hari. Sedangkan anak-anak: 2,5-5 ml sebanyak 3-4 kali/hari. Obat ini dapat dikonsumsi bersama makanan. Ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi, seperti mengantuk, pusing dan mulut kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *