Menu Close

Body Cream, Lotion, dan Butter: Serupa Tapi Tak Sama

Dibandingkan beberapa tahun yang lalu, kini ada banyak sekali produk perawatan kulit dan wajah yang berjejer di etalase toko. Jika dulu kita hanya mengenal hand and body lotion, kini juga ada body cream dan body butter

Ketiganya berfungsi memberi kelembaban pada kulit. Ada juga yang diklaim menutrisi dan mencerahkan. Lantas apa perbedaan dari ketiganya? Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih jelas. 

Perbedaan body cream, lotion, dan butter

Perbedaan terbesar dari body lotion, body cream, dan body butter adalah teksturnya. Sebagian besar kandungan body lotion terdiri dari air dan sedikit air, sehingga lebih mudah diserap kulit. Karena itu body lotion memiliki tekstur yang cair. 

Body cream memiliki tekstur yang lebih kental dan berat, karena memiliki kadar minyak yang lebih banyak dari body lotion. Sedangkan body butter memiliki formulasi yang paling kental dari ketiganya. Body butter memiliki lebih sedikit air, dan lebih banyak kandungan minyak dan bahan lainnya yang berfungsi menghidrasi kulit. 

Memilih produk perawatan kulit yang tepat

Body lotion, body cream, dan body butter memiliki formulasi kandungan yang berbeda dan diperuntukkan untuk orang dengan tipe kulit yang berbeda pula. 

Body lotion memang cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak atau kombinasi. Beberapa body lotion diperkaya dengan SPF untuk memberikan perlindungan kulit. Tapi untuk memberikan kelembaban, lebih baik pilih body cream. Body lotion lebih banyak mengandung air daripada bahan yang melembabkan, sehingga tidak cocok digunakan untuk kulit kering. 

Jika kulitmu sangat kering dan kasar, body butter adalah pilihan yang tepat karena mengandung lebih banyak bahan yang melembabkan. Body butter juga bisa digunakan sebagai perawatan kulit kilat yang menambah kelembaban dengan cepat dalam waktu semalam.

Tips menjaga kelembaban kulit

Sebelum beralih ke cara menjaga kelembaban kulit, kamu harus tahu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kelembaban kulit seseorang, diantaranya yaitu:

  • Genetika. Kulit kering atau lembab bisa diturunkan dari orang tua ke anak secara genetika. Genetika juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan.
  • Usia. Seiring bertambahnya usia, kelembaban kulit berkurang sehingga lebih mudah kering.
  • Lingkungan. Tinggal di tempat yang panas dan kelembaban yang kurang dapat membuat kulit kering. Kulit yang terlalu lama terpapar AC juga lebih cepat kering daripada yang tidak.
  • Gaya hidup. Kebiasaan merokok, memakan makanan yang tak bergizi, dan kurang minum air dapat membuat kulit kering dan terlihat kusam. 
  • Kebiasaan mandi. Mandi terlalu lama, terutama mandi uap atau air panas dapat menghilangkan minyak, lemak, dan protein pada kulit yang berfungsi sebagai pelembab alami kulit.

Untuk menjaga kelembaban kulit, berikut tips mencegah kulit kering. 

  1. Hindari mandi air panas

Daripada mandi air panas, lebih baik mandi air hangat. Mandi air hangat memiliki beragam manfaat, mulai dari melancarkan peredaran darah, meningkatkan suasana hati, dan meredakan nyeri dan pegal-pegal.

  1. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit menghilangkan penumpukan sel kulit mati dan membantu regenerasi sel kulit yang baru. Kulit jadi terlihat lebih sehat dan bercahaya.

  1. Keringkan dengan menepuk lembut

Menggosok badan setelah mandi dapat mengikis lapisan kulit dan membuat kulit kering. Sebaiknya keringkan dengan cara menepuk kulit hingga kering dengan handuk berbahan lembut.

  1. Menggunakan pelembab yang tepat

Setelah melakukan eksfoliasi dan mandi, aplikasikan pelembab untuk mengunci kelembaban. Jangan lupa pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk memberi kelembaban ekstra, kamu bisa pilih body cream atau body butter dengan kandungan shea butter dan vitamin E.

CatatanMengetahui perbedaan antara body lotion, body cream, dan body butter cukup penting untuk memberikan perawatan yang tepat pada kulit kita. Karena banyak produk body cream, diperlukan sedikit trial dan error untuk menemukan produk mana yang cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *