Menu Close

Begini Cara Bijak Memilih dan Memakai Physical Sunscreen

Pernahkah Anda mendengar tentang physical sunscreen? Ini adalah jenis sunscreen atau tabir surya yang terbua dari partikel mineral halus berupa titanium dioksida dan zinc.

Dibandingkan dengan chemical sunscreen, jenis tabir surya ini memiliki tekstur dan formulasi yang lebih tebal. Hal ini membuat produk sunscreen tersebut menjadi lebih maksimal dalam memberikan perlindungan kulit terhadap sinar matahari. 

Physical sunscreen pantulkan sinar matahari yang mengarah ke kulit

Perhatian saat memilih physical sunscreen

Ketika memilih sunscreen, Anda bisa menjatuhkan satu dari antara dua pilihan, sunscreen chemical atau physical. Keduanya memiliki sisi positif dan negatif. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan tabir surya physical, perhatikan dulu hal-hal ini: 

  • Tujuan pemakaian

Ketika akan memilih antara physical atau chemical, coba perhatikan kembali apa tujuan pemakaian Anda. Apakah Anda mengutamakan perlindungan yang maksimal, atau lebih memilih tabir surya yang bisa ditutupi dengan make up?

Tabir surya physical memiliki tekstur yang lebih tebal, sehingga akan tampak lebih jelas di wajah dan sulit untuk diratakan. Ini akan membuat tampilan make up Anda jadi kurang maksimal, namun bisa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kulit Anda.

Akan tetapi, jika Anda lebih memilih tabir surya yang mudah diratakan dan bisa dilapisi dengan make up, maka physical sunscreen bukanlah pilihan yang tepat. 

  • Jenis kulit

Anda juga perlu memperhatikan jenis kulit Anda. Jika kulit wajah Anda cenderung kering, sensitif, atau kombinasi, maka Anda bisa memakai tabir surya physical. Karena teksturnya lebih tebal, tabir surya ini secara tidak langsung juga bisa membantu memberikan kelembaban ekstra pada kulit wajah.

Sayangnya, tabir surya jenis ini mungkin kurang cocok jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak dan berjerawat. Ketebalan tekstur tabir surya ini berpotensi menyumbat pori-pori Anda. 

Sumbatan pada pori-pori biasanya disebabkan oleh penumpukan kotoran serta minyak berlebih pada pemilik kulit berminyak. Ketika ditambahkan dengan physical sunscreen, pori-pori berpotensi semakin tersumbat dan kulit menjadi rentan berjerawat. 

Perhatikanlah kedua hal di atas sebelum memilih jenis sunscreen yang akan Anda gunakan. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit dan kebutuhan perawatan kulit yang berbeda-beda. 

Cara bijak memakai sunscreen

Supaya sunscreen yang Anda gunakan bisa memberikan perlindungan secara lebih maksimal, maka pastikan Anda memakai sunscreen dengan cara-cara berikut ini: 

  • Beri jeda 30 menit sebelum beraktivitas di luar

Sebelum pergi keluar, gunakanlah sunscreen terlebih dahulu. Beri waktu setidaknya 30 menit bagi kulit Anda untuk benar-benar menyerap semua formulasi dari sunscreen sebelum beraktivitas ke luar ruangan. 

  • Selalu plikasikan sunscreen kembali

Setelah beberapa jam, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan kembali physical sunscreen Anda. Sunscreen tidak bisa bertahan sepanjang hari di wajah, apalagi jika Anda berkeringat dan baru saja selesai berolahraga renang. 

  • Gunakan sunscreen meski di dalam ruangan

Pemakaian tabir surya tidak terbatas pada penggunaan di luar ruangan saja. Bahkan, saat hanya beraktivitas di dalam ruangan pun, Anda tetap dianjurkan untuk memakai tabir  surya karena sinar matahari masih bisa masuk melalui celah jendela dan pintu. Apapun jenis tabir surya yang Anda gunakan, pastikan Anda mengaplikasikannya secara merata ke seluruh permukaan kulit yang tidak tertutup oleh pakaian. Jika Anda menggunakan physical sunscreen, akan lebih mudah untuk mendeteksi apabila tabir surya tersebut sudah hilang dari kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *