Menu Close

4 Manfaat Sirup Imunped untuk Anak

Imunped Sirup adalah suplemen cair yang diformulasikan khusus untuk anak berusia di atas 1 tahun hingga 13 tahun. 

Suplemen ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan mineral zinc harian tubuh. 

Dengan memberikan Imunped Sirup satu kali setiap hari pada anak dan seimbangkan asupan gizinya dengan pola makan sehat, maka si Kecil akan menjadi lebih sehat.

Lalu, apa saja khasiat dan manfaat Imunped? Yuk, simak beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Anak-anak mengalami pertumbuhan yang pesat, namun sistem kekebalan tubuh mereka mungkin belum sepenuhnya berkembang. 

Oleh karena itu, suplementasi dengan zinc dan vitamin C sangat bermanfaat bagi anak. Zinc dan Vitamin C membantu menjaga tubuh terhadap radikal bebas (mempunyai efek antioksidan).

Radikal bebas merupakan senyawa yang sangat reaktif dan tidak stabil yang dihasilkan dari aktivitas tubuh normal yang membutuhkan oksigen (misalnya: pada saat pernafasan, pencernaan, sirkulasi darah, respon sistem kekebalan tubuh, dll) dan dapat juga terbentuk setelah terpapar sinar UV, asap rokok dan berbagai macam polusi.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Selain vitamin C, Imunped Sirup juga mengandung zinc. Mineral ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Apalagi anak-anak rentan terluka karena jatuh adalah kecelakaan yang paling sering tak bisa dihindari. 

Luka adalah kondisi yang merusak kulit. Vitamin C mampu merangsang produksi kolagen di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah kulit kering sehingga luka menjadi lebih cepat sembuh.

3. Mencegah kerusakan sel dalam tubuh

Salah satu efek utama dari zinc adalah pada kemampuan set untuk mereplikasi DNA yang diperlukan untuk sel-sel dalam melipatgandakan jumlahnya (multiplikasi). 

Oleh karena itu, zinc dibutuhkan untuk pertumbuhan normal bayi dan anak-anak, pembentukan sel-sel baru, dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Vitamin B3, B5 dan B6-nya juga berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat sakit flu, batuk, pilek sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit infeksi.

5. Menunjang pembentukan kolagen

Kolagen berfungsi mempertahankan elastisitas kulit, membentuk struktur pada sendi dan tendon, melindungi organ-organ di dalam tubuh, hingga menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Nah, kandungan vitamin C pada Imunped Sirup juga bersifat sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dan menunjang pembentukan kolagen pada tubuh.

Adakah efek samping Imunped? 

Mengonsumsi Imunped memang baik untuk kesehatan si Kecil, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Meski demikian, Anda tidak diperkenan memberikan Imunped maupun suplemen sejenisnya secara  berlebihan.

Sebab, hal ini bisa menyebabkan hipervitaminosis alias keracunan vitamin. Gejalanya antara lain:

  • Mual dan muntah
  • Timbul kemerahan atau iritasi di kulit
  • Nyeri di ulu hati
  • Kram perut

Gejala-gejala ini dapat dengan cepat mengakibatkan tubuh kehilangan cairan dan darah yang menyebabkan kejang, koma, gagal fungsi organ hingga kematian.

Selain itu, sebaiknya anak berusia di bawah 1 tahun juga tidak disarankan mengonsumsi obat ini karena mengandung pemanis buatan sukralosa. 

Jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan dengan pola makan sehat. Multivitamin yang bagus tetap tidak dapat menggantikan asupan nutrisi Anda karena  hanya berperan sebagai penyokong atau tambahan yang membantu memenuhi nutrisi harian si Kecil.

Pastikan Anda selalu menyimpan semua suplemen dan obat-obatan di tempat yang sulit dijangkau anak untuk menghindari risiko overdosis ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi keluarga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *