Menu Close

10 Cara Mengobati Sembelit dengan Bahan Alami yang Aman Dicoba

Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Sembelit disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, obat-obatan yang dikonsumsi atau kondisi medis. Namun, ada beberapa cara mengobati sembelit secara alami yang bisa dicoba.

Berbagai Gejala Sembelit yang Umum Dialami

Ada beberapa gejala konstipasi yang biasanya dialami, seperti:

  • Dalam seminggu, BAB kurang dari tiga kali
  • Terasa nyeri atau sulit saat buang air besar
  • Tinja keras, menggumpal, dan kering
  • Ada perasaan bahwa belum semua feses yang keluar meskipun sudah BAB
  • Perut terasa kembung
  • Penderita biasanya merasa perlu bantuan untuk mengosongkan isi perut. 

Namun, tentu ada pula beberapa tanda dan gejala yang dialami dan tidak disebutkan di atas.

Cara Mengatasi Sembelit secara Alami

  1. Minum air lebih banyak

Orang yang mengalami konstipasi atau sembelit perlu minum lebih banyak air. Seseorang yang dehidrasi terus menerus bisa menyebabkan sembelit. Sehingga Anda perlu terhidrasi dengan baik agar terhindar dari sembelit.

  1. Konsumsi lebih banyak serat

Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah meningkatkan konsumsi serat pada makanan. Asupan serat yang bertambah bisa memperlancar pencernaan dan tekstur kotoran lebih padat. Hal ini akan membuat feses terdorong lebih cepat keluar dari usus.

Hindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung tinggi gas, seperti sayuran tertentu, makanan berlemak, susu, agar tidak menambah rasa kembung perut dan membuat Anda jadi tidak nyaman.

  1. Konsumsi probiotik

Probiotik bisa membantu mencegah seseorang mengalami sembelit kronis. Probiotik adalah bakteri hidup yang baik dan hidup alami di usus. Untuk meningkatkan jumlah keberadaan bakteri baik ini, salah satunya dengan konsumsi makanan probiotik. Hal ini akan membantu meningkatkan keseimbangan dan mencegah sembelit. 

Menurut penelitian tahun 2019, konsumsi probiotik selama 2 minggu bisa membantu mengobati sembelit, meningkatkan konsistensi dan frekuensi tinja. 

Adapun makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kol, tempe, dan kimchi. Atau bisa juga dengan suplemen probiotik.

  1. Berolahraga lebih banyak

Berolahraga ternyata bisa membantu memperbaiki gejala sembelit. Olahraga akan meningkatkan pergerakan otot di usus atau saluran pencernaan. 

Anda bisa melakukan olahraga yang ringan, seperti jalan-jalan biasa, bersepeda, berenang, atau jogging untuk mengatasi sembelit yang sedang dialami.

  1. Konsumsi makanan prebiotik

Prebiotik merupakan serat karbohidrat yang tidak bisa dicerna tubuh. Serat makanan memang berkhasiat mengurangi sembelit dengan cara meningkatkan konsistensi tinja, namun prebiotik memiliki efek dengan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Prebiotik ini tergolong oligosakarida dan inulin. Serat dari prebiotik ini bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan memberi makanan bakteri baik di usus. Prebiotik bisa membantu meningkatkan frekuensi buang air besar dan membuat tinja jadi lebih lembut.

Makanan prebiotik seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, pisang, dan buncis.

  1. Ambil osmotik

Pencahar osmotik berbeda dari pencahar stimulan. Pencahar osmotik membantu memindahkan cairan melalui usus besar. COntoh osmotik adalah magnesium sitrat, magnesium hidroksida, polietilen glikol, dan laktulosa. 

  1. Stimulan pencahar

Stimulan pencahar diformulasikan untuk memaksa BAB dengan menekan usus. Stimulan bisa didapat tanpa resep dokter di apotek. Contoh stimulan pencahar adalah Bisakodil seperti Dulcolax, Correctol, atau Ducodyl. Stimulan pencahar lainnya adalah Senna-sennosides seperti Senokot.

  1. Menggunakan pelunak feses

Cara mengobati sembelit selanjutnya adalah dengan menggunakan pelunak feses. Sembelit umumnya disebabkan karena dehidrasi yang membuat feses jadi keras. 

Dengan menggunakan pelunak feses, maka bisa melembapkan kotoran dengan cara menarik air dari usus. Sehingga akan memudahkan feses keluar. 

  1. Mencoba BAB dengan posisi jongkok

Cobalah menggunakan toilet jongkok jika Anda mengalami sembelit. Berjongkok akan meluruskan sudut usus dan membantu mengeluarkan feses lebih cepat. 

Namun, jangan pernah memaksa feses terlalu keras untuk keluar. Ini akan membuat kondisi sembelit Anda jadi lebih buruk. Bahkan Anda bisa berisiko terkena wasir atau ambeien. 

  1. Coba enema

Enema adalah pembersihan usus yang biasa dilakukan dengan cara mengalirkan cairan ke dalam usus besar melalui anus. Enema ini bekerja dengan melunakkan feses untuk menghasilkan gerakan usus. Akan tetapi, Anda tidak diperbolehkan menggunakan enema sembarangan agar tidak menimbulkan berbagai masalah baru. 

Itulah berbagai cara mengobati sembelit yang bisa Anda lakukan. Bila sembelit yang Anda alami lebih dari seminggu dan pengobatan mandiri yang dilakukan tidak berhasil, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *